Motivasi Islami – Pembaca yang semoga dirahmati Allah, Al-Qur’an adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam. Al-Qur’an juga satu-satunya mukjizat yang bertahan hingga sekarang. Selain sebagai sumber kebahagiaan di dunia dan akhirat, Al-Qur’an juga merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tidak pernah mati. Jika dicermati, kebanyakan ilmu pengetahuan yang saat ini berkembang, sejatinya telah Allah tuliskan dalam Al-Qur’an.

Berkenaan dengan ilmu, Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun menunjukkan dasar ilmu pengetahuan adalah surat Al-‘Alaq ayat 1 sampai 5.

Artinya, “Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. (QS. Al-A’laq : 1-5)

Di dalam kitab tafsirnya Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Dan bahwa di antara kemurahan Allah ialah Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. Hal ini berarti Allah memuliakan dan menghormati manusia dengan ilmu. Dan ilmu merupakan bobot tersendiri yang membedakan antara Adam dengan malaikat. Ilmu adakalanya di hati, di lisan dan di tulisan tangan. Berarti ilmu mencakup tiga aspek, yakni hati, lisan dan tulisan”.

Di dalam ayat tersebut, kita dianjurkan untuk belajar baca dan tulis. Bukan hanya aktifitas baca dan tulis, tapi juga bisa bermakna meneliti lebih jauh tentang ilmu pengetahuan yang sudah diajarkan Allah di dalam Al-Qur’an. Membaca kekuasaan Allah, membaca segala keagungan Allah yang ditanpakkan kepada kita.

Maka jelas bagi kita bahwa sejatinya Al-Qur’an sebagai sumber ilmu pengatahuan yang pertama kali. Pada masa berkembangnya Islam dulu, banyak para pakar muslim yang menjadi orang hebat karena selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an.

Pembaca yang semoga dirahmati Allah, demikianlah pembahasan singkat pada kesempatan kali ini, semoga kita semakin dekat dengan Al-Qur’an yaitu membacanya, mengerti isi kandungannya dan hidup sesuai dengan arahan dari Allah Ta’alaa di dalam Al-Qur’an. Wallohu a’lam… (red/admin)